Feb 20, 2013

Desa Wisata KREBET

Desa Wisata Krebet ini terletak di sebuah desa yang nyaman dan asri, sebut saja Desa Sendangsari, Kecamatan pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, kurang lebih 12 km Barat Daya Kota Yogyakarta dan secara geografis terletak di Bukit Selarong di ujung utara Kecamatan Pajangan yang berbatasan dengan Desa Guwosari, Triwidadi dan Bangunjiwo. Di desa wisata ini wisatawan bisa tinggal di homestay yang jauh dari hirukpikuk kota dan menyaksikan kehidupan keseharian masyarakat penghasil kerajinan batik kayu ini.

Dusun Krebet berpenduduk ±800 Jiwa dengan luas wilayah ±104 Ha. dan terbagi atas Lima (5) Rukun Tetangga (RT) yang berupa tanah kapur dan terdiri atas tegalan dan pekarangan yang membentang dari RT 01 sampai RT 05.



Peta Menuju Krebet

Macam-macam kerajinan yang ada di desa ini antara lain : topeng, souvenir, cermin, jam dinding, patung binatang (jerapah, kucing, musang dan angsa), sandal, wayang orang kayu, wayang klitik, loro blonyo, tempat buah, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Harganya pun terjangkau alias murah meriah.
Hal lain yang dapat menarik perhatian wisatawan adalah mereka dapat belajar membatik secara langsung dengan ahlinya. Membatik di atas media kayu tidak jauh berbeda dengan membatik dengan media kain. Namun, dalam batik kayu mereka harus memerlukan keahlian khusus, seperti mengambar pola secara manual, karena kayu tidak bisa dicetak seperti halnya pada kain.
Beberapa motif yang diajarkan di desa ini yaitu : motif klasik Kraton, seperti parangrusak, parangbarong, kawung, garuda, sidomukti, sidorahayu dan puluhan motif lain. Kerajinan batik kayu ini sudah melanglang buana sampai mancanegara.
Selain belajar membatik, wisatawan juga bisa belajar untuk mengambil nira atau nama bekennya "Legen" langsung dari pohonnya. Nira merupakan bahan utama untuk membuat gula merah.
Gantungan Kunci

Cermin

Sandal

Topeng

Jam Dinding

Maskot Desa
 http://krebet.com/

4 comments:

  1. mbak e asli Krebet atau pernah KKN di Krebet gitu?

    ReplyDelete
  2. mbak, harga merchandise krebet rata2 berapaan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk harganya mulai dari Rp 5000,00 sampai jutaan mas, tergantung size sama kerumitannya.

      Delete